Luhut Bilang Event Ini akan Bawa Cuan Triliunan ke RI

MIND ID sebagai Holding Industri Pertambangan di Indonesia mendukung ajang balap Formula One Power Boat atau yang dikenal dengan F1 Power Boat

Pemerintah terus berupaya mengembalikan kejayaan sektor pariwisata yang sempat terpuruk karena Pandemi Covid-19, salah satunya lewat penyelengaraan F1 PowerBoat Danau Toba. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhur Binsar Pandjaitan mengatakan, penyelenggaraan tersebut dapat membawa dampak ekonomi.

“Kalau kita liat dampak ekonomi karena demand. Tahun lalu telah memberikan Rp 1,68 triliun dan berhasil 100.000 wisatawan,” ujarnya di gedung Kemenko Marves Jakarta, Rabu (7/2/2024).

Luhut melanjutkan, melalui penyelenggaraan acara ini akan membawa dampak pada industri pariwisata Indonesia melalui pengenalan destinasi wisata baru di mata internasional.

Sementara, Direktur Utama InJourney Dony Oskaria memaparkan sebanyak 18 pembalap dari 10 negara. Menurutnya, penyelenggaraan internasional ini akan dikombinasikan dari berbagai aspek kebudayaan untuk mempromosikan sektor pariwisata Indonesia.

“Akan banyak side event-event yang kita buat untuk promosikan culture batak yang dikombinasikan dengan keindahan danau toba. Dengan promosi ini tidak hanya masyarakat mengenal keindahan Danau Toba, tapi juga budaya Batak, jadi ini perbedaan yang signifikan,” tuturnya.

Di sisi lain, lanjutnya, dampak perhelatan ada tiga parameter yang ditetapkan, di antaranya, pertama, media exposure yang mana acara tersebut akan disiarkan secara langsung di 44 negara. Harapannya akan berdampak pada destinasi wisata Danau Toba itu sendiri.

Kedua, akan berdampak pada perekonomian daerah dan masyarakat setempat yang akan. Terakhir keuntungan investasi pada perseroan sendiri.

“Yang paling penting kita nggak rugi. Kalau kita hitung manfaatnya sesuatu yang luar biasa ini edukasi juga di dalam even nggak selalu dihitung return of investment,” pungkasnya.

Sebagai informasi, beberapa perusahaan yang sudah menjadi mitra dan sponsor antara lain Mayora Indah, Parna Raya, Wilmar, Astra Agro Lestari, Sinar Mas, Musim Mas, dan Asosiasi Semen Indonesia.

Adapun perhelatan balap kapal ini bukan kali pertama dilakukan di Indonesia. Sebelumnya telah di selenggarakan juga di Danau Toba, Sumatera Utara, pada 24-26 Februari mendatang. Perhelatan kedua https://tampansamping.com/F1 Powerboat Danau Toba akan diselenggarakan pada 2-3 Maret 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*